Rabu, 11 Februari 2009

Tangsel (sekda)

3 Calon Sekda Tangsel Segera Diseleksi

KOTA TANGSEL – Tiga orang calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan akan segera mengikuti tes fit and propert test (uji kelayakan dan kepatutan-red) di tingkat provinsi Banten. Ketiga orang tersebut adalah Sekda Kabupaten Tangerang Nanang Komara, Asda I Kabupaten Tangerang Mas Iman Kusnandar dan Asda II Kabupaten Tangerang Hermansyah.
Penjabat Walikota Tangerang Selatan M Shaleh MT mengatakan, ketiga nama calon Sekda akan segera di serahkan ke provinsi untuk diseleksi. Dalam waktu dekat, berkas ketiga calon akan dilimpahkan ke Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangakatan (Baperjakat) Provinsi Banten.
“Ada aturannya. Jadi bahan bakunya dari sini. Provinsi yang melakukan seleksi. Kewenangan untuk mengajukan nama calon Sekda ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) juga ada di provinsi,” kata Shaleh, Rabu (11/2).
Shaleh menyakinkan, tiga nama calon Sekda yang diusulkan sesuai dengan pernyataannya sebelumnya. Disamping itu, pengajuan calon dari Kabupaten Tangerang tidak terkait dengan isu kepentingan politik siapapun. Semuanya murni karena Kota Tangerang Selatan belum memiliki pejabat yang memenuhi kriteria sebagai Sekda.
”Calon sekot itu bakal ditest oleh tim Baperjakat. Itu kan standar. Semacam fit and proper test saja. Yang lolos tentu berhak menduduki jabatan Sekot tersebut,” ujarnya.
Shaleh mengakui, tiga nama yang disusulkan sedah sesuai dengan kriterian sebagai Sekda. Masa jabatan, pengalaman kerja dan prestasi sudah dimiliki ketiganya. Termasuk sejumlah kriteria teknis dan administrasi.
”Sudah tidak perlu diragukan lagi ketiga calon sekot Tangsel itu. Mereka punya dedikasi dan pretasi yang bagus. Jadi patut menduduki jabatan sekretaris kota,” jelasnya.
Disebutkannya, pengusulan nama calon sekretaris daerah itu memang merupakan kewenangan pemerintah daerah setempat. Karena kebutuhan untuk posisi tersebut berada di pemerintahan Kota Tangerang Selatan. Hanya saja penetapannya bukan merupakan wewenang walikota. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: