Senin, 16 Februari 2009

Kotak dan Bilik Suara Kurang (pemilu)


KPUD Kekurangan Ribuan Kotak dan Bilik Suara

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Tangerang mengaku kekurangan ribuan bilik dan kotak suara. Bahkan, kekurangan yang terjadi mencapai ribau buah. Jika tidak segera diatasi, kemungkinan pelaksanaan Pemilu 2009 di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan akan tersendat.
Sekretaris KPUD Kabupaten Tangerang A Dadat Darajattun mengatakan, kebutuhan kotak suara untuk pemilu sebantak 28.905 buah. Sedangkan yang ada hanya 14.100 buah. Ada kekurangan kotak suara sebanyak 14.805 buah.
Sedangkan bilik suara yang dibutuhkan sebanyak 23.124 buah. Jumlah yang tersedia hanya 3.250 buah. Ada kekurangan sebanyak 19.874 buah. Seluruh bilik dan kotak suara akan disalurkan ke 5.781 buah Tempat Pemungutan Suara (TPS).
党KPUD mengalami kekurangan kota dan bilik suara. Jumlahnya sangat banyak. Melebihi 50 persen dari jumlah yang ada di KPUD,” katanya kepada Banten Raya Post, Senin (16/2).
Kekurangan yang terjadi, lanjut Dadat, terjadi setelah KPUD Kabupaten Tangerang melakukan evaluasi simulasi pemilihan dan penghitungan Pemilu 2009 pada 31 Januari lalu. Ternyata, kebutuhan kotak dan bilik suara melebihi jumlah yang ada di KPUD.
党Hasil simulasi ada kendala. Kebutuhan kotak suara bukan 4 buah, melainkan 5 buah. Pasalnya, khusus untuk kotak suara DPR RI, kertas suara ada 2 lembar. Tentunya jika dilipat akan sangat besar. Kapasitas kotak suara tidak akan cukup menampung seluruh kertas suara. Sedangkan bilik, diperlukan tambahan karena surat suara yang sangat besar harus dilengkapi bilik yang besar pula,” terangnya.
Menurut Dadat, KPUD Kabupaten Tangerang sudah mengajukan penambahan kotak dan bilik suara ke KPU pusat melalui surat nomor 280/060-KPU/2009. Dalam surat yang disampaikan pada 12 Februari lalu, juga dicantumkan kebutuhan dan kekurangan kotak dan bilik suara.
Hingga kini, KPU pusat maupun KPUD Provinsi Banten belum menyampaikan jawaban surat tersebut. KPUD Kabupaten tidak dapat berbuat banyak, pasalnya, tender pengadaan barang berada di tangan KPUD Provinsi Banten.
党Kita harapkan, KPU pusat dan provinsi segara menambah jumlah kotak dan bilik suara untuk Kabupaten Tangerang,” katanya. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: