Senin, 29 Desember 2008

Terminal Ciputat

Terminal Ciputat Dioperasikan Pertengahan 2009

TANGERANG – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Tangerang menargetkan Terminal Ciputat yang berada di depan Ramayana Kelurahan Ciputat Kecamatan Ciputat Kota Tangerang Selatan akan mulai beroperasi pada pertengahan 2009.
Kadishubkominfo Deden Sugandhi mengatakan, hingga kini, tanah yang sudah ada untuk pembangunan Terminal Ciputat baru 9.000 meter persegi. Padahal, luas tanah yang dibutuhkan mencapai 5 hektar. Terminal tersebut dapat menampung hingga 100-200 kendaraan.
“Meskipun tanah yang dibebaskan baru 9 ribu meter persegi, namun kita tetap akan mengoptimalkan tanah yang sudah ada terlebih dahulu,” ungkap Deden.
Dikatakan Deden, Dishubkominfo sudah menganggarkan dana sebesar Rp 1,5 miliar untuk pembuatan jalan masuk terminal dan pengerasan tanah di dalam terminal. Sedangkan anggaran untuk pembebasan sisa lahan berada di Badan Pertanahan Nasional (BPN).
“Dana tersebut disiapkan untuk pembuatan jalan masuk selebar 8 meter, pengerasan tanah, pengecoran, dan pembangunan ruang tunggu penumpang,” kata mantan Asda II Kabupaten Tangerang tersebut.
Deden berharap, pembangunan Terminal Ciputat dapat segera dilakukan. Sebab, hal tersebut sudah sangat mendesak. Dijadwalkan, tender proyek akan dilakukan antara Mei hingga Juni 2009.
“Harus cepat dilakukan. Tender hanya 45 hari. Pertengahan tahun 2009 terminal sudah dapat dimanfaatkan. Nantinya setiap angkot dan bus harus masuk ke dalam terminal. Tidak ada yang boleh ngetem di pinggir jalan lagi,” terangnya.
Awalnya Terminal Ciputat merupakan terminal tipe B atau C. namun, jika semua tanah sudah dibebasakan, maka Terminal Ciputat akan naik tipe menjadi A, yaitu terminal yang dapat dimasuki bus antar kota antar provinsi. Bahkan, mungkin saja antar negara.
“Dulu ada UU yang melarang letak terminal tipe A berdekatan. Tapi sekarang sduah tidak ada lagi. Jarak Terminal Ciputat dengan Terminal Lebak Bulus Jakarta Selatan hanya 7 kilometer. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: