Senin, 29 Desember 2008

Globakl Warming


SMP IT Darul Hikmah Canangkan Goes Green

TANGERANG – Isu pemanasan global sedang hangat-hangatanya dibahas. Berbagai cara dilakukan untuk pengurangi suhu yang semakin meningkat. Untuk itu, SMP IT Darul Hikmah Pamulang mencangkan program Goes Green.
Dalam program ini, setiap siswa diwajibkan untuk membawa sebuah tanaman ke sekolah untuk ditanam. Setiap tanaman diberikan nama sesuai dengan nama pemiliknya.
“Program goes green belum lama dicanangkan sekolah. Dengan mengajak ratusan pelajar berlatih merawat tanaman. Setiap sekolah ada tim goes green. Mereka adalah pelajar yang berminat menata lingkungan,” terang pembina Goes Green SMP IT Darul Hikmah, Budi Fujiana.
Pelajar yang tergabung itu, sambung dia berusaha menularkan semangatnya pada pelajar lain. Hasilnya semua pelajar bersedia merawat satu tanaman yang dimiliki sekolah. Bahkan tanaman itu pun diberi nama murid yang merawatnya.
”Jadi kalau ada tanaman sensiver maka ada dibelakannya nama perawatnya. Misalnya sensivera yanti IIA. Artinya tanaman sensivera yang ditanam Yanti pelajar kelas II A,” tutur guru kelas ini.
Tanpa disadari, lanjut dia jumlah tanaman yang ada di sekolah terus bertambah setiap minggu. Maka tanaman itu pun perlu penataan yang lebih baik lagi. Agar dapat dilihat lebih nyaman.
”Kalau mau liat penataannya sangat mudah. Tak hanya halaman yang banyak pohon, toilet pelajar juga berhias tanaman,” ucapnya tersenyum.
Untuk ruang belajar, lanjut Budi memang sudah dihiasi tanaman. Itu membeirkan pengaruh saat proses belajar. Terutama tanaman yang mampu menekan oksidan bebas di udara, seperti sensivera itu.
Mengenai perawatan, dia mengaku pelajar selalu memantau secara rutin. Seminggu dua kali digelar perawatan tanaman. Mulai memupuk, menggemburkan dan membersihkan tanaman. Itu membut pohon di sekitarnya lebih sehat dan nyaman dipandang. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: