Jumat, 12 Desember 2008

Militer


Siswa TK Dikenalkan Perlengkapan Militer

TANGERANG – Markas Batalyon Kavaleri 09/BU Serpong kedatangan puluhan tamu cilik, Jumat (12/1). Mereka adalah murid pre kindy High Scope School Bintaro yang ingin belajar mengenai kelengkapan militer secara langsung.
Dengan wajah ceria dan canda ala anak usia 4-5 tahun, para murid itu pun berbaris rapih. Bersergam kaos biru putih dan berbekal makanan kecil, mereka terlihat sibuk memperhatikan markas TNI AD ini.
Tepat di hangar tank milik Batalyon, para murid mendapatkan materi. Mereka diajak lebih dahulu mengenal sejumlah kelengkapan militer standar yang dibawa seorang prajurit.
"Di meja sudah terlihat beberapa kelengkapan. Ada senjata, tempat air, perlengkapan logistik dan lainnya," jelas Serma, Suharya saat menjelaskan kepada murid.
Senjata militer, sambung dia memiliki jenis yang berargam. Diantarnya senjata semi otomati, serbu dan lainnya. Semuanya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Maka perlu disesuaikan dengan kebutuhan.
Untuk senjata jenis SO Minimi ini, lanjut dia merupakan senjata otomatis. Diproduksi oleh negara Belgia yang memiliki daya jangkau optimal 800 meter. Peluru yang digunakan jenis kaliber 5,56 mm.
"Beratnya sekitar 6 kg. Jadi cukup berat kalau adik-adik yang bawa," ucapnya sambil menujukan senjata tersebut.
Selain mendapatkan materi pengenalan alat militer, murid juga mendapatkan kesempatan menikmati keangkeran mobil tank. Kendaraan lapis baja itu sempat dipertontonkan kemampuan geraknya.
"Wah...mirip film ramboo," kata murid saat melihat tank jenis AMX 13 itu bergerak.
Pendamping murid, Diana Kristiani menjelaskan program kunjungan lokasi itu merupakan bagian dari pembelajaran. Konsep yang diterapkan High Scope adalah aktive learning. Sehingga murid wajib belajar langsung di lokasi.
Tujuannya, sambung dia untuk memberikan pemahaman tentang kelengkapan militer. Serta menambah pengetahuan murid tentang dunia prajurit dan tugas-tugasnya. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: