Senin, 08 Desember 2008

Rp 2,4 M Untuk Dana Kemitraan BSH


Rp 2,4 M Untuk Dana Kemitraan BSH

TANGERANG – PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola Bandara Soekarno-Hatta (BSH) mengucurkan dana untuk program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) sebesar Rp 2,4 miliar setiap tahun. Dana tersebut diperuntukan bagi dua kegiatan, yaitu dana kredit lunak bagi usaha kecil menengah (UKM) dan dana hibah perbaikian fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).
“Dana PKBL berasal dari keuntungan PT AP II setiap tahunnya sebesar 1 persen. Hal ini sesuai dengan instruksi dari Meneg BUMN,” ungkap Kepala Cabang BSH Harianto saat menjadi pembicara dalam seminar publik di German Center, Sabtu (6/12) lalu.
Dikatakan Harianto, dana PKBL dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar bandara maupun Kota dan Kabupaten Tangerang. Dana tersebut sebagai bentuk kontribusi BSH untuk mengembangkan wilayah sekitarnya.
Dijelaskannya, kredit lunak yang dikucurkan dengan bunga 0,5 persen per bulan. Setiap warga yang ingin mengembangkan usaha maupun membuka usaha baru dapat mempergunakan dana PKBL.
“Warga yang berminat dapat mengajukan proposal kepada AP II. Nanti proposal akan dikaji. Jika layak, AP II akan melakukan survei ke lokasi,” katanya.
Selain dana PKBL, BSH juga menjadi salah satu penyumbang APDB Kota dan Kabupaten Tangerang. Setiap tahun, retribusi parkir dari BSH sebesar Rp 7 miliar pada tahun 2006, Rp 8,9 miliar pada tahun 2007. Bahkan, hingga Oktober 2008 sudah mencapai Rp 7,7 miliar.
“Sedangkan PBB 2008 dari BSH diperkirakan sebesar Rp 41 miliar. Yang sudah dibayarkan baru sebesar Rp 34 miliar. Sisanya masih dalah rekonsiliasi,” papar Harianto. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: