Senin, 19 Januari 2009

UPK

Kecamatan Tigaraksa Juara UPK se-Banten

TANGERANG – Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang berhasil menjadi juara pertama lomba Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan se-Provinsi Banten tahun 2008. Pengumuman pemenang dilakukan pada 26 Desember 2008 di Serang oleh Gubernur Banten Rt Atut Chosyiah.
Ketua UPK Kecamatan Tigaraksa Ahmad Jamaludin mengatakan, penilaian lomba terdiri dari berbagai kritera. Salah satunya tingkat pengembalian simpan pinjaman perempuan (SPP). Tingkat pengembalin pinjaman sebesar 100 persen.
“Tahun 2007, pinjaman yang disalurkan sebesar Rp 2.229.600. Sampai Desember pengembalian sudah 100 persen. Bahkan sudah surplus Rp 40 juta. Sedangkan aset produktif mencapai Rp 700 juta,” kata Cecep, sapaan akrab Ahmad Jamaludin, Jumat (16/1).
Pada 2008, jumlah PNPM mandiri pedesaan yang disalurkan untuk Kecamatan Tigaraksa sebesar Rp 1,125 miliar. Diharapkan, dengan semakin besarnya aset yang dimiliki, UPK Tigaraksa dapat menjadi bank perkreditan rakyat (BPR) kecamatan.
Dikatakan Cecep, pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Bank BRI Kecamatan Tigaraksa. Sebab, pinjaman yang diberikan kepada setiap kelompok terbatas. Maksimal hanya Rp 3 juta.
“Kebanyakan kelompok pinjamannya sudah mencapai Rp 1,5 juta. Bank BRI sudah merespon, rencananya kredit akan diberikan melalui KUR,” terang Cecep.
Untuk 2009, jumlah PNPM yang akan disalurkan ke Kecamatan Tigaraksa sebesar Rp 1 miliar. Jumlah kecamatan yang mendapatkan program PNPM di Kabupaten Tangerang bertambah menjadi 22 kecamatan. (mg-dedi)

1 komentar:

Unknown mengatakan...

boleh monta alamat upk tiga raksa?