Senin, 19 Januari 2009

Bantuan Bencana


Pemprov Siapkan 50 Ton Beras

TANGERANG – Memasuki musim hujan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten sudah menyiapkan 50 ton beras yang akan didistribusikan kepada setiap kabupaten dan kota yang mengalami bencana kebanjiran. Saat ini, beras tersebut masih disimpan di gudang bulog Sub Divre Banten.
Wakil Gubernur Banten M Masduki mengatakan, 50 ton beras yang disiapkan adalah untuk antisipasi bencana tahun 2009. Terutama bencana banjir yang sedang menghantui sekarang sejumlah wilayah di Provinsi Banten.
“Pemprov sudah mengantisipasi bencana banjir dengan menstok beras sebanyak 50 ton. Jika ada warga yang membutuhkan bantuan, beras-beras tersebut dapat segera disalurkan,” papar Masduki usai melakukan penen raya di kebun Bambu Kuning Desa Cihuni Kecamatan Pagedangan Kabupaten Tangerang, Rabu (14/1).
menurut Masduki, beras-beras tersebut akan disalurkan melalui dinas sosial (dinsos) yang ada di Provinsi maupun kabupaten dan kota. Jika membutuhkan, warga dapa segera menghubungi dinsos setempat. “Beras tersebut hanya dapat dikeluarkan jika terjadi bencana. Pasalnya ada aturan khusus yang mengatur persediaan beras untuk bencana alam,” tegasnya.
Selain provinsi, setiap kabupaten dan kota juga sudah menyediakan beras untuk bencana alam. Namun jumlahnya hanya sekitar 5 ton setiap kabupaten dan kota. Untuk itu, harus ada koordinasi antara setiap daerah sebelum menyalurkan beras tersebut.
“Misalnya saja di Tanjung Pasir. Seharusnya warga yang terkena terjangan ombak air laut sudah mendapatkan beras bantuan. Tapi hingga kini, dari laporan yang saya terima warga belum mendapatkan. Hal tersebut pasti akibat kurang koordinasi,” papar Masduki. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: