Jumat, 30 Januari 2009

Tanggul

Pemkab Didesak Bangun Tanggul Penahan Ombak

TANGERANG – Ratusan nelayan di Pantai Utara Kabupaten Tangerang mendesak agar Pemkab Tangerang segera membangun tanggul penahan ombak sepanjang pesisir pantai. Hal ini dilakukan untuk mencegah terulangnya, peristiwa puluhan rumah yang rusak diterjang ombak.
Kepala Desa Tanjung Pasir Gunawan mengatakan, puluhan nelayan di wilayahnya resah setiap ada ombak tinggal. Mereka takut, rumah mereka kembali rusak terkena ombak.
“Nelayan disini meminta pemerintah segera membangun tanggul sepanjang 3 kilometer untuk mencegah ombak masuk ke pemukiman,” kata Gunawan.
Hingga kini, lanjutnya, pembicaraan mengenai pembuatan tanggul baru sampai tingkat desa. Rencananya, usulan ini akan segera disampaikan ke Kecamatan Teluknaga.
"Sudah ada pembicaraan di tingkat desa, dan belum disampaikan ke tingkat kecamatan," ucapnya.
Sementara itu, salah seorang nelayan Arifin (50) mengaku, pembuatan tanggul nantinya bisa mengurangi hempasan ombak ke rumah nelayan. Pasalnya, ombak terutama yang ketinggiannya mencapai 3 meter sering menghancurkan rumah nelayan.
"Belum lama ini, rumah nelayan banyak yang hancur kena hantaman ombak secara langsung," ujarnya.
Arifin mengaku, selama ini sudah mengajukan ke Dinas Kelautan dan Perikanan namun hingga saat ini belum juga ada realisasinya. Dan hanya direspon dinas terkait dengan melakukan survey.
"Belum ada kejelasan soal pembangunan tanggul. Namun kami minta agar pemda segera merealisasikannya," kata Arifin. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: