Rabu, 07 Januari 2009

Bandara

Bandara Budiarto Bakal Diperluas

TANGERANG – Departemen Perhubungan (Dephub) berencana memperluas Bandara Budiarto di Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang. Perluasan dilakukan agar bandara yang selama ini dijadikan sebagai pusat pelatihan pilot dapat menjadi bandara kargo dan penrbangan nonkomersil.
Kepala Bandara Budiarto M Budi Kuntjoro mengatakan, berbagai faslitas akan dibangun jika bandara jadi diperluas. Mulai terminal penumpang, museum dirgantara, hanggar maintenance, general aviation, hingga show room pesawat. Rencananya perluasan bandara seluas 465 hektar tersebut akan dimulai tahun 2010 mendatang.
“Masterplan bandara telah disepakati Dephub. Program perluasan fungsi bandara Budiarto pun mengikuti Peraturan Menhub No KM.16 Tahun 2008 yang diperkuat dengan surat Gubernur Banten No 056/3584-BAP/2006 dan surat Bupati Tangerang No 550/4341-DTRP-2005,” kata Budi, Rabu (7/1).
Dikatakannya, perluasan dilakukan untuk mendukung terminal kargo yang ada di Bandara Soekarno-Hatta (BSH). Selama, fungsi Bandara Budiatro tidak terlalu optimal. Disaat bandara lain sudah mulai berbenah, tapi Bandara Budiatro masih sama seperti dahulu.
Menurut Budi, perluasan akan dilakukan 2010. Dengan memulai penambahan run way pesawat. Selama ini panjang run way hanya 1850 meter. Bakal ditambah menjadi 2250 meter yang mampu menjadi landasan pesawat jenis Boeing 737-400.
“Pesawat jenis Boeing 737-400 banyak dioperasionalkan maskapai nasional. Selama ini pesawat tadi dipaksa berada di hanggar BSH yang mulai sesak. Dengan perluasan bandara Budiarto, maka kondisi di Soekarno Hatta dapat semakin baik,” terangnya.
Lebih jauh, Budi menjelaskan fungsi Bandara Budiarto bakal menjadi pusat pelatihan penerbang, pusat teknologi dirgantar dan pelayanan penerbangan umum non komersil. Sekaligus menjadi pusat perawatan pesawat.
“Dephub tidak dapat melakukan pembenahan sendiri. Harus ada dukungan pemerintah daerah, terutama dalam penyiapan sarana infrastrukturnya. Sehingga fungsi bandara dapat lebih optimal,” ucap Budi.
Terpisah, Kabid Komunikasi dan Informasi Dishubkominfo Kabupaten Tangerang M Yusrizal mengaku sangat mendukung rencana perluasan Bandara Budiarto. Diharapkan, akses ekonomi lokal yang selama ini belum terserap dan lebih berkembang.
“Pemerataan pembangunan akan lebih berjalan. Selama ini, pembangunan lebih terpusat di Tangerang Selatan. Setelah ada perluasan, pasti wilayah tengan dan barat akan cepat majunya,” harapnya. (mg-dedi)


Tidak ada komentar: