Jumat, 08 Februari 2008

hasil karyaaaaaaaaaaaaaa (Banten Raya Post)


Tahap Pengecoran Slep Fly Over Ciputat Dimulai

TANGERANG-Keinginan masyarakat Kabupaten Tangerang untuk segera menikmati Fly Over Ciputat Jl Dewi Sartika, Kampung Cimanggis, Kelurahan Ciputat, Kabupaten Tangerang, nampaknya bakal segera terwujud. Pasalnya, PT Obayasi sebagai kontraktor utama sudah mulai melakukan tahap Pengecoran Slep (lantai jalan-red), Selasa (4/2).
Pantauan Baraya Post, puluhan pekerja mulai sibuk melakukan pengecoran slep atas Fly Over yang sudah dipasangi girder (tiang penghubung-red). Pemasangan ini baru dilakukan di titik depan Plaza Ciputat. Direncanakan dalam waktu beberapa minggu kedepan, semua girder sudah terpasang Slep.
Menurut salah seorang karyawan Pacific Consultan Indonesia (PCI) yang enggan namanya dikorankan menyebutkan, Slep yang dipasang mempunyai ketebalan sekitar 25 centimeter. Untuk setiap Spam (luas penampang antar fondasi) yang memiliki panjang 22,6 meter dan lebar 16,5 meter diperlukan waktu minimal sekitar 2 hari untuk memasang slep.
“Pemasangan slep tidak bisa selesai dalam satu hari. Semuanya tergantung kepada kondisi cuaca,” ucapnya.
Sementara itu, Asep Komara, Koordinator Subkontraktor mengatakan dari 67 girder yang direncanakan ada pada Fly Over Ciputat, baru 26 saja yang terpasang. Girder yang sudah terpasang dimulai dari titik depan Pasar Ciputat hingga tikungan masjid Agung Ciputat.
“Hingga saat ini sekitar 50 perser girder sudah terpasang. Kita ingin menyesuaikan dengan target yang sudah ada yaitu Agustus selesai. Untuk pemasangan girder bulan Maret aja kayaknya udah selesai,” ungkapnya.
Diakui Agus, pihaknya mengalami beberapa kesulitan untuk pemasangan girder. Diantaranya lahan yang terbatas untuk mengangkat girder keatas tiang fondasi sehingga ruang gerak alat pengangkat jadi terbatas.
“Sebelum dipasang, girder harus di block out terlebih dahulu untuk menutupi besi antar block biar tidak karat,” pungkasnya.
Dikatakan Agus, rencananya minggu depan, pihaknya sudah memulai tahap pemasangan girder di jalan Ir Djuanda. “Kalo nggak ada hambatan apa-apa, mulai Senin (11/2) pemasangan girder di jalan Djuanda dimulai. Selesai disini, semua alat berat dan barang lainnya kita pindahkan ke sana semua,” paparnya.

Tidak ada komentar: