Jumat, 02 Mei 2008

feature


Dari Pemilihan Miss UPH Scholar 2008
>> Tidak Hanya Cantik

DEDI MIRWAN – TANGERANG

Belakangan, muncul banyak acara yang mencari seseorang untuk mewakili suatu negara atau daerah. Sebut saja Puteri Indonesia dan Miss Indonesia. Dua acara tersebut masing-masing mencari seorang wanita yang dapat mewakili dan mengenalkan Indonesia kepada dunia.
Mungkin, konsep seperti ini yang ditiru Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Pelita Harapan (BEM UPH) yang mengadakan Miss UPH Scholar 2008, Selasa (29/4) malam.
Program yang pertama kali diadakan ini bertujuan mencari sosok mahasiswi ideal yang mewakili UPH di depan masyarakat luas. Sosok mahasiswi yang tidak hanya cantik seperti stereotip yang dimiliki kebanyakan orang terhadap kompetisi sejenis. Tapi yang memiliki brain (kecerdasan) dan behavior (tingkah laku).
”Miss UPH harus bisa menujukkan kecerdasan mereka dalam berpikir dan mengemukakan pendapat. Sekitar 90 peserta yang terdiri dari mahasiswi angkatan 2005 sampai 2007 ikut dalam babak penyisihan dan setelah melewati proses penilaian terpilih 20 finalis” ujar Ketua Panitia Miss UPH Scholar 2008 Mimi Morysa.
layaknya Miss Indonesia atau ajang pemilihan sejenis, para finalis juga mengikuti proses karantina selama 4 hari sebelum akhirnya berkompetisi untuk menjadi Miss UPH. Selama masa kanrantina mereka mengkampanyekan isu-isu global warming dan anti narkoba. Pusat karantina berlokasi di Hotel UPH dan selama 4 hari mereka mendapat bermacam kelas seperti tes kepribadian, inner beauty class, make up class, dan communication skill.
Pada malam grand final, peserta dituntut menunjukan seluruh kemampuannya. Pertanyaan-pertanyaan dari juri yang salah satunya Miss Indonesia 2005, Imelda Fransisca. Pertanyaan yang diajukan kebanyakan mengenai pandangan peserta terhadap cita-cita dan kondisi yang terjadi di masyarakat.
Setelah berjuang keras, akhirnya terpilih tiga orang yang berhasil masuk babak utama. Mereka adalah Karmela Christy dari Jrursan Management 2005, Rieke Caroline dari Fakultas Hukum 2006, dan Jemima Tumewu dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).
Di babak utama, Jemima Tumewu berhasil meyakinkan dewan juri untuk dipilih sebagai Miss UPH Scholar 2008. sedangkan Karmela Christy menempati posisi kedua. Rieke Caroline duduk ditempat ketiga. Sementara itu, Miss Favorit yang didapat oleh Amanda Cininta dari jurusan English Literature 2006. (***)

Tidak ada komentar: