Sabtu, 23 Agustus 2008

sirkuit AI di karawaci


Lippo Karawaci Siap Buat Sirkuit Balap AI

TANGERANG – PT Lippo Karawaci Tbk tengah berencana membuat sebuah sirkuit balapan khusus untuk AI di Karawaci Kabupaten Tangerang. Direncanakan, sirkuit yang akan dibuat meniru gaya Sirkuit Monaco yaitu, sirkuit jalan raya yang biasa digunakan untuk balapan Formula I.
Senior Executive Architect Urban planer PT Lippo Karawaci Tbk Gordon G Benton mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan blue print sirkuit yang akan dibuat sepanjang 38 Kilometer (KM) tersebut. Sirkuit tersebut akan melintasi jalan-jalan yang ada di Karawaci.
“Konsepnya sama seperti Sirkuit Monaco. Jika sudah dibangun, sirkuit ini merupakan Monaco pertama di Asia,” ungkapnya, Selasa (19/8).
Dijelaskan Gordon, sirkuit tersebut akan mulai dibangun usai Idul Fitri mendatang dan selesai sebelum pemilu 2009. Namun, Gordon enggan menyebutkan dana yang disiapkan untuk membangun sirkuit yang akan menggunakan jalan raya tersebut.
Diharapkan, lanjut Gordon, sirkuit sudah selesai pada minggu pertama atau kedua bulan Februari 2009 mendatang. Bahkan, sirkuit tersebut dapat digunakan pada balapan AI musim 2009-2010.
“Saya sudah mendapatkan laporan dari Karawaci. Pembangunan akan segera dimulai. Dalam waktu 6 bulan sirkuit sudah selesai dibangun,” paparnya.
Gordon mengaku, pihaknya akan segera mempresentasikan rencana ini kepada pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Menpora) minggu depan. “Jika menteri punya waktu, minggu depan kami akan melakukan pertemua membahas rencana ini,” tegasnya.
Dikonfirmasi mengenai rencana pembangunan sirkuit ini, Menpora Adhyaksa Dault mengaku, pemerintah sangat mendukung semua rencana pembangunan fasilitas olahraga di Indonesia.
“Jika karawaci sudah siap membangunnya, jadi saya kira tidak akan ada persolan lagi,” tegasnya usai menjadi pembicara dalam seminar di Universitas Pelita Harapan (UPH).
Namun, Menpora mengingatkan agar wakil yang akan tampil di balap Ai harus orang yang tepat. Jangan sampai wakil Indonesia tidak dapat berbuat banyak di balapan.
“Saya akan minta ke Pak Ari (Ari Batubara, Ketua Umum IMI-red) agar yang akan bertanding harus diseleksi terlebih dahulu,” terangnya.
Dijelaskan Menpora, pihaknya pernah mengeluarkan list (daftar nama-red) pembalap. Dalam list tersebut ada beberapa criteria, yaitu train of fun, train of complet, dan train if win.
“List no satu adalan Ananda Mikola, kedua Moreno Suprapto, dan ketiga Subhan Aksa. Jika itu semua sudah disiapkan, maka kami siap untuk tanda tangan. Sebab AI membawa nama negara,” katanya. (mg-dedi)

Tidak ada komentar: